Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi ini dimaksudkan untuk membantu Anda memahami informasi apa yang kami kumpulkan dan mengapa kami mengumpulkannya

Siapa kami?

Kami adalah Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia Wilayah Jawa Timur (APJII Jawa Timur) yang mengoperasikan situs web yang beralamat di https://jatim.apjii.or.id. Situs web ini merupakan situs web resmi APJII Jawa Timur yang dioperasikan oleh Staff APJII Jawa Timur, yaitu BPH atau Badan Pelaksanan Harian.

Data pribadi apa yang kami kumpulkan dan mengapa kami mengumpulkannya?

Ada beberapa komponen situs web ini yang mungkin dapat merekam identitas daring Anda:

Komentas situs

Saat pengunjung meninggalkan komentar pada situs ini, kami mengumpulkan data yang ditampilkan pada formulir komentar, alamat IP pengunjung dan user agent browser untuk membantu pendeteksian spam.

String anonim yang dibuat dari alamat email Anda (juga disebut hash) dapat diberikan ke layanan Gravatar untuk melihat apakah Anda menggunakannya. Kebijakan privasi layanan Gravatar tersedia di sini: https://automattic.com/privacy/. Setelah persetujuan atas komentar Anda, gambar profil Anda dapat dilihat oleh publik dalam konteks komentar Anda.

Layanan pendeteksi spam (ditenagai oleh Akismet)

Akismet mengumpulkan informasi tentang pengunjung yang memberikan komentar melalui formulir komentar situs. Informasi yang dikumpulkan tergantung bagaimana Pengguna mengatur Akismet untuk situs webnya, tetapi biasanya termasuk alamat IP komentator, agen pengguna, pengarah, dan URL Situs (bersama dengan informasi lain yang secara langsung disediakan oleh komentator seperti nama, nama pengguna, email alamat, dan komentar itu sendiri).

Media

Jika Anda mengunggah gambar ke situs web, Anda harus menghindari mengunggah gambar dengan data lokasi tertanam (GPS EXIF) yang disertakan. Pengunjung ke situs web dapat mengunduh dan mengekstrak data lokasi apa pun dari gambar di situs web.

Formulir kontak

Situs web ini menyertakan formulir kontak yang dapat Anda temui di laman Kontak situs. Melalui formulir kontak tersebut, kami merekam data dasar tentang diri Anda. Adapun data-data yang kami kumpulkan melalui formulir kontak tersebut diantaranya, nama, alamat surel (surat elektronik), nomor telepon atau Whatsapp, dan isi pesan Anda. Data Anda akan kami simpan di kotak masuk surel kami.

Data-data tersebut kami koleksi, selain untuk kepentingan pengembangan internal APJII Jawa Timur, juga untuk keperluan broadcast terkait dengan acara yang diselenggarakan oleh APJII Jawa Timur.

Cookies

Jika Anda meninggalkan komentar di situs kami, Anda dapat memilih untuk menyimpan nama, alamat email, dan situs web Anda dalam cookie. Ini untuk kenyamanan Anda sehingga Anda tidak perlu mengisi detail Anda lagi ketika Anda meninggalkan komentar lain. Cookie ini akan bertahan selama satu tahun.

Konten yang disematkan dari sistus web lain

Artikel-artikel di dalam situs ini dapat menyertakan konten terembed (seperti video, gambar, artikel, dll). Konten terembed dari situs web lain akan berlaku sama dengan pengunjung yang mengunjungi situs web lain.

Situs-situs web ini dapat mengumpulkan data tentang Anda, menggunakan cookies, menanamkan pelacak dari pihak ketiga, dan memonitor interaksi Anda dengan muatan tertanam, termasuk menggunakannya untuk melacak interaksi Anda jika Anda memiliki sebuah akun dan masuk ke dalam situs web tersebut.

Analitik

Situs web ini menggunakan layanan analisis otomatis dari Google Analytics. Anda bisa membaca dan mempelajari lebih lanjut terkait dengan privasi dan keamanan data Google Analytics melalui pusat bantuan Analytics.

Berapa lama kami menyimpan data Anda?

Jika Anda meninggalkan komentar, komentar dan metadatanya dipertahankan tanpa batas. Ini agar kami dapat mengenali dan menyetujui komentar tindak lanjut secara otomatis dan tidak menahannya dalam antrean moderasi.

Untuk pengguna yang mendaftar pada website kami (jika ada), kami juga menyimpan informasi pribadi yang mereka berikan dalam profil pengguna mereka. Semua pengguna dapat melihat, mengedit, atau menghapus informasi pribadi mereka kapan saja (kecuali mereka tidak dapat mengubah nama pengguna mereka). Administrator situs juga dapat melihat dan mengedit informasi tersebut.

Hak apa yang Anda miliki atas data Anda?

Jika anda mempunyai akun di situs ini, atau telah meninggalkan komentar, anda dapat meminta untuk mendapat data personal dalam file export dari kami, termasuk data yang anda berikan kepada kami. Anda juga dapat meminta kami menghapus data personal mengenai anda. Ini tidak termasuk data yang wajib kami simpan untuk keperluan administratif, hukum, atau keamanan.

Kemana kami mengirimkan data Anda?

Komentar pengunjung dapat diperiksa melalui layanan deteksi spam otomatis.

Data yang Anda kirimkan melalui formulir pendaftaran acara APJII Jatim

APJII Jatim rutin mengadakan acara. Seperti pada umumnya, kami juga membuka pendaftaran peserta, yang kami buat dengan layanan pembuat formulir Google, untuk melakukan pendataan dan alanisa kebutuhan materi untuk penyelenggaran acara kedepan.

Kami berkomitmen untuk tidak membagikan kepada pihak manapun yang tidak ada kaitannya.

Data-data yang Anda masukkan melalui formulir tersebut akan direkam dan diekspor dalam format spreadsheet dan disimpan di Google Drive yang dikelola oleh BPH APJII Jawa Timur. Adapun yang memiliki akses penuh pada Google Drive yang dimaksud hanyalah BPH atau staff APJII Jawa Timur.

Data-data apa saja yang kami rekam melalui formulir pendaftaran peserta?

Data yang kami rekam pada formulir pendaftaran peserta diantaranya; status keikutsertaan peserta (daring atau luring) untuk acara yang bersifat hybrid, alamat surel, nama lengkap, kontak Whatsapp, asal instansi, alamat (baik alamat instansi maupun alamat tempat tinggal), dan unggahan bukti transfer (termasuk data EXIF) jika acaranya berbayar.

Apa yang kami lakukan dengan data-data tersebut?

Data yang tersimpan dari formulir pendaftaran peserta acara akan kami gunakan untuk kebutuhan;

  1. Melihat, menganalisa dan melaporkan jumlah peserta acara ke pengurus APJII Jawa Timur saat ini.
  2. Mengirim informasi terkait acara ke surel maupun nomor yang dilampirkan.
  3. Penerbitan sertifikat sesuai dengan nama yang sudah dimasukkan sebelumnya.
  4. Melakukan evaluasi sebelum dan sesudah acara.
  5. Acuan untuk mengirim doorprize atau cendera mata acara (kalau ada).
  6. Mencetak daftar hadir (presensi) peserta; umumnya, daftar hadir peserta terdiri dari nama perusahaan, nama peserta, nomor kontak atau Whatsapp (baik pribadi maupun atas nama instansi), e-mail, ukuran t-shirt (kalau ada), kelas yang diikuti (kalau acara menyediakan kelas paralel) dan tanda tangan kehadiran.
  7. Berbagi scan daftar hadir peserta dengan pihak sponsor (kalau ada, dan hanya jika mereka meminta untuk keperluan marketing) atau pemateri acara (untuk mengirimkan feedback secara langsung).

Sampai kapan kami menyimpan data yang Anda masukkan melalui formulir pendaftaran acara?

Data-data yang Anda masukkan saat Anda mendaftar pada acara tertentu akan selalu kami simpan di Google Drive pribadi APJII Jawa Timur sebagai dokumentasi setiap kegiatan pada masa periode tertentu dari pengurus APJII Jawa Timur.

Formulir lainnya

APJII Jawa Timur selalu berkoordinasi dengan stakeholder untuk kepentingan dan kemajuan bisnis anggotanya. Untuk itu, dikemudian hari Badan Pengurus Wilayah APJII Jawa Timur akan mengirimkan formulir tertentu (diluar formulir untuk acara).

Stakeholder terdiri dari Balai Monitor SFR Kelas I Surabaya, Ditjen PPI Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Daerah (Kab/Kota). Seiring waktu, stakeholder akan bertemabah.

Data-data yang Anda (anggota) inputkan melalui formulir tertentu tersebut dibuat sebagai acuan bagi pengurus terkini untuk memantau dan menjaga kekondusifan bisnis anggotanya.

Data-data apa saja yang kami rekam melalui formulir lainnya?

Data-data yang kami rekam pada formulir lainnya (formulir yang bersifat mendata) diantaranya; nama perusahaan, status perusahaan di wilayah kerja APJII Jawa Timur, nama PIC, kontak (biasanya Whatsapp) PIC, surel perusahaan atau surel PIC, nama mitra, alamat mitra, koordinat lokasi, foto sebagai bukti, data pendukung lain, keluhan tertentu, jumlah BTS di masing-masing Kab/Kota di Jawa Timur, penggunaan frekuensi, dan lain-lain (menyesuaikan kebutuhan pengurus).

Apa yang kami lakukan dengan data-data tersebut?

Data yang tersimpan pada formulir lainnya akan kami gunakan untuk kebutuhan:

  1. Melihat, menganalisa, dan melaporkan data-data tertentu untuk kebutuhan tertentu kepada Pengurus APJII Jawa Timur saat ini.
  2. Mengirim informasi terkait ketentuan dan arahan pengurus ke surel atau kontak yang ada.
  3. Pengurus saat ini dapat meminta daftar data tertentu yang telah dimasukkan anggota melalui formulir lainnya kepada BHP untuk kebutuhan memberikan informasi, permintaan dan peringatan tertentu, baik terkait dengan organisasi maupun bisnis.
  4. Khusus pada formulir lainnya yang bersifat pelaporan bagi anggota kepada pengurus, pengurus dapat meminta seluruh data pelaporan pada formulir lainnya yang bersifat pelaporan kepada BPH untuk diteruskan kepada stakeholder terkait sebagai bahan untuk proses identifikasi, pengecekan, pemanggilan atau evaluasi yang sepenuhnya menjadi wewenang stakeholder tersebut. 

Lain-lain

Formulir dibuat dengan platform yang berbeda-beda. Apabila Anda ingin tahu lebih lanjut, Anda bisa mengecek ketentuan dan kebijakan privasi lebih lanjut sesuai dengan platform formulir masing-masing.